Friday, December 19, 2014

Apa Itu Dupa ? Sejarah Dupa

Apa Itu Dupa ? ?

Asal Muasal Dupa diperkirakan dari kebiasaan umat Hindu/Budha di India/China. Seiring dengan imigrasi ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia, berpengaruh pada Agama sebagian besar penduduk di indonesia. Kerajaan Hindu Majapahit yang berkuasa mempunyai pengaruh besar di daerah Jawa – Bali.



Konon, Dupa di Bali berasal dari sabut kelapa yang dipilin-pilin menjadi tali lalu ditusuk dengan kayu/bambu seperti Sate/cilok. Mungkin karena sering mati dan asapnya terlau banyak,lambat laun bahan dupa diganti serbuk kayu seperti saat ini.

Biasan nya orang menamakannya dengan HIO, YOSHUA, DUPA. Dupa adalah suatu material yang mengeluarkan bau asap yang wangi. Fungsi dupa adalah sebagai alat upacara keagamaan umat Hindu, Budha, Konghucu dll.

Bentuk Dupa ada berbagai macam seperti: Bentuk Batang dari ukuran 11cm s/d 42cm, magic stick, bentuk kerucut, spiral, bentuk hewan,dll. Di indonesia bagian timur, produksi pembuatan dupa terpusat di daerah Malang Raya, Lumajang, Bali, Surabaya dan Semarang. Sebagian besar hasil produksinya dikirim ke bali dalam bentuk karung plastik {40kg). Dupa tsb masih dalam kondisi ½ jadi. Proses pewangian dan pembungkusan kecil dilakukan oleh orang bali sendiri.

No comments:

Post a Comment