Friday, December 19, 2014

Manfaat Wewangian untuk Kesehatan: Dupa wangi Bali

Aroma therapy sudah menjadi salah satu cara untuk pengobatan dalam penyembuhan penyakit.
Berikut ini saya berikan gambaran dan informasi mengenai beberapa manfaat yang akan diperoleh dalam Aroma Wangi untuk kesehatan :



Citronella untuk mengurangi ketegangan, meredakan hidung tersumbat, mengatasi insomnia, dengkur dan migrain.

Eucalyptus (kayu putih) berguna melegakan pernafasan, meringankan masalah hidung sensitif, bronchitis, asma, batuk, pilek, demam dan flu.

Lavender agar mudahkan tidur, meredakan kegelisahan, mengatasi depresi, mengurangi perasaan ketegangan.

Teh hijau (green tea) untuk memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.

Sandalwood (cendana) bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi.

Rose (bunga mawar) untuk menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.

Bunga kenanga berguna meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit.

PeppermintAroma yang menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, ketegangan, dan menyembuhkan sakit kepala.

Lotus (bunga teratai) meningkatkan vitalitas, dan konsentrasi, mengurangi panas dalam, meningkatkan fungsi limpa dan ginjal.

Lemon dapat mengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar.

Vanilla dengan aroma lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran.
Jasmine (bunga melati) berfungsi sebagai aphrosidiac sensual untuk merangsang dan menciptakan suasana romantis.

Strawberry dapat meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker. (Sumber Republika.co.id )




Di Bali yang terkenal dengan sebutan pulau dewata, wewangian akrab sekali dengan kehidupan sehari-hari. Selain wangi dari bunga-bunga yang dipersembahkan dan dipergunakan untuk persembahyangan, aroma wangi juga tercium dari asap dupa yang mengepul setiap hari. Aroma dupa, dapat digunakan untuk terapi dan meditas sesuai dengan aroma wewangiannya. Namun perlu diperhatikan bahwa aroma yang berlebihan dan kecenderungan menggunakan bahan-bahan kimiawi tidak baik bagi kesehatan. Perlu diwaspadai dan diperhatikan dalam pembelian  dupa yang dipergunakan untuk persembahyangan, utamakan bahan-bahan yang alami dan tidak mengganggu kesehatan.

Alangkah baiknya kita hati-hati, karena jika salah pilih bukannya kesehatan yang diperoleh tetapi sebaliknya, malah sesak nafas dan sakit yang diperoleh, bahkan mungkin sakit lainnya yang berhubungan dengan zat kimia yang kita hirup.

No comments:

Post a Comment